Wednesday, September 26, 2012

Aktivitas 151

1. Carilah bahan sebanyak mungkin tentang kelompok mayoritas dan minoritas! Apakah keduanya termasuk dalam kelompok sosial? Bagaimana hubungan antar keduanya?


2. Amatilah masyarakat anda. Bagaimana pola hubungan antarkelompok sosialnya? Buatlah analisisnya dalam bentuk tulisan! Anda bisa mengirimkan tulisan anda ke majalah sekolah atau surat kabar.

Jawaban

1. Mayoritas dan minoritas adalah terminologi sosiologis untuk merujuk kuantitas individu yang berhimpun dalam suatu kesatuan etnisitas. Sebagai sebuah konsep, istilah ini sering digunakan untuk membangun kerangka analisis relasi sosial satu kelompok dengan kelompok yang lainnya.

Sebagai sebuah diksi, mayoritas-minoritas sesungguhnya sudah mengandung makna politik di mana yang satu merujuk pada kumpulan individu yang berjumlah banyak dan biasanya lebih supreme dalam banyak hal; sedangkan yang satu lagi merujuk pada kumpulan individu yang lebih sedikit, yang secara kuantitas tidak mungkin lebih supremedari yang mayoritas.

Kumpulan banyak individu dan kumpulan sedikit individu sejatinya merupakan fakta sosiologis sebuah komunitas. Karena itu, sejatinya pula siapapun yang berhimpun dalam kelompok manapun tetap memiliki hak, kesempatan, dan akses yang sama dalam segala hal. Namun demikian, ketika soal mayoritas-minoritas hadir di tengah kontestasi politik sebuah bangsa, maka kedua terminologi ini semakin menampakkan makna poltiknya. Istilah relasi mayoritas versus minoritas merupakan rangkaian kata yang meletakkan kedua istilah itu saling berlawanan karena itu relasi keduanya harus didesain agar tetap terbangun hubungan yang harmonis, tanpa diskriminasi, dan meletakkan siapapun yang berhimpun di dalamnya tetap setara. Keduanya termasuk kedalam kelompok soisal karena ada komunikasi antar anggotanya.

2. Menurut saya masyarakat disekitar berpolakan in-group karena masih berpisah antara yg satu dengan yg lain seperti yg menyukai sepakbola berpisah dengan yg menyukai voli. Intinya masih masing-masing antara yg satu dengan yg lain




































No comments:

Post a Comment